Ciri Penderita Penyakit Diabetes yang Dikategorikan Sehat


Definisi Diabetes | Penyakit diabetes ini memang sangat susah sekali untuk disembuhkan. Namun penderita penyakit diabetes ini dapat mengendalikan penyakit itu. Apabila hal ini bisa dilakukan dengan baik, bukan tidak mingkin penderita penyakit diabetes tetap sehat, bahkan bisa lebih sehat dari pada orang yang normal.

Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Endrokin Metabolik Diabetes dari Rumah Sakit Darmo, Prof. Dr.dr. Agung Pranoto,MSc, SpPD-KEMD, FINASIM mengemukakan, bahwa menurut studi, pasien penyakit diabetes ini bisa dikatakan paling sehat disaat tensi dan kolesterolnya mencapai target, kadar gula darahnya terkontrol dan intensifikasi pengobatannya berjalan dengan baik.

"Selain itu juga orang yang terkena penyakit diabetes yang paling sehat itu apabila obesitasnya bisa diatasi, karena obesitas mengeluarkan hormon yang sangat jahat yang bisa merusak pembuluh darah" Ujar agung.

Ketua Persatuan Diabetes Indonesia mengatakan, bahwa rutin kontrol ke dokter bukan berarti jaminan untuk sehat bagi penderita penyakit diabetes. "Orang yang terkena diabetes yang kontrol secara rutin itu tiak berarti gulanya well controlled. Yang kontrol rutin dan gulanya well controlled itu hanya 30%, karena kendari sehat ada di pasiennya sendiri. Kalau gaya hidupnya tidak sehat yang sama saja" Tambahan dari agung.
Bagi anda yang ingin mencegah penyakit diabetes, saya sarankan untuk coba melakukan gaya hidup yang sehat seperti olahraga yang rutin, mengonsumsi makanan sehat, jauhi merokok dan minuman beralkohol dan sebagainya. Selain itu juga lakukan deteksi dini sebelum terjadi komplikasi agar bisa ditangani dengan cepat.