Apa Itu Penyakit Diabetes?

Definisi Penyakit Diabetes | Diabetes merupakan penyakit dimana tubuh didak bisa menghasilkan insulin (hormon pengatur gula dara) atau juga insulin yang dihasilkan tidak mencukupi dan bisa juga karena insulin tidak berkerja dengan baik. Maka dari itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa. Diabetes memiliki 2 jenis tipe yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.


Diabetes tipe 1

Keadaan tubuh sudah tidak bisa memproduksi insulin. Sehingga penderita harus menggunakan suntukan insulin untuk mengatur gula darahnya. Sebagian besar bagi mereka penderita penyakit diabetes tipe 1 ini adalah anak-anak dan remaja.

Diabetes tipe 2

Tubuh tidak memproduksi hormon insulin secara cukup karena insulin tidak bisa digunakan dengan baik. Tipe ini merupakan yang terbanyak di alami, saat ini hampir 90% lebih, sering terjadi pada mereka yang berumur lebih dari 40 tahun, gemuk dan memiliki riwayat diabetes dalam keluarga.

Penderita penyakit diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi disebabkan karena pangkreas tidak dapat memproduksi insulin atau otot, lemak dan sel-sel hati tidak merespon insulin dengan normal ataupun keduaduanya. Sebuah analogi yang cukup menggambarkan hal ini disampaikan oleh Mistra dalam bukunya 3 jurus untuk melawan diabetes melitus. Mistra menganalogikan hormon insulin sebagai sopir angkutan umum sebuah kota. Apabila para sopir angkot mogok masal, maka orang-orang akan berkumpul ditepi jalan menanti jasa anguktan. Orang-orang ini diibaratkan sebagai gula dalam darah. Apabila hormon insulin tidak ada atau sedikit jumlahnya maka gula yang ada didalam darah anda tidak dapat terangkut sehingga akan menyebar keseluruh pembuluh darah.

Umumnya asupan gula dalam darah akan disimpan didalam hati. Disini diolah menjadi glokogen. namun jika memerlukan hati akan mengeluarkan dan mengolahnya kembali menjadi glukosa. Bagi orang yang normal, sebanyak asupan konsumsi gula tidak akan mengganggu organ tubuh.